fpip.umsida.ac.id – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) turut aktif dalam penerapan metode Project-Based Learning (PBL) di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Keterlibatan mahasiswa ini merupakan bagian dari Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I yang berlangsung selama 17–21 Februari 2025. Program ini diselenggarakan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 56 Tahun 2022 yang bertujuan memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa melalui pengamatan, observasi, dan pemagangan di lingkungan sekolah sebelum mereka terjun sebagai tenaga pendidik profesional.
PLP dan Implementasi Project-Based Learning
Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) merupakan bagian dari kebijakan Kemendikbudristek untuk meningkatkan kualitas calon guru dengan memberikan pengalaman langsung di sekolah. Dalam pelaksanaannya di SMK Muhammadiyah 1 Taman, mahasiswa Umsida menerapkan metode Project-Based Learning (PBL), yaitu pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang mendorong siswa untuk memahami konsep melalui pengalaman praktik langsung.
Mahasiswa Umsida yang berasal dari beberapa program studi, khususnya Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Teknologi Informasi, diberikan kesempatan untuk mendampingi siswa dalam proyek-proyek yang relevan dengan kurikulum kejuruan.
Beberapa proyek siswa diantaranya:
Praktik Senam: Mahasiswa mendampingi siswa dalam praktik senam yang bertujuan meningkatkan kebugaran jasmani serta pemahaman mengenai pentingnya gaya hidup sehat. Kegiatan ini juga melatih keterampilan kepemimpinan dan koordinasi tim.
Praktik Pementasan Drama: Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris membimbing siswa dalam pementasan drama sebagai bagian dari pembelajaran keterampilan berbahasa dan ekspresi diri. Proyek ini membantu siswa meningkatkan kepercayaan diri dan kreativitas dalam berkomunikasi.
Praktik Memandikan dan Mensholati Jenazah: Mahasiswa bersama guru agama Islam membimbing siswa dalam praktik penyelenggaraan jenazah, termasuk cara memandikan, mengkafani, dan mensholati jenazah sesuai dengan ajaran Islam. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan dan kesiapan siswa dalam menghadapi kehidupan sosial di masyarakat.
Praktik Berwirausaha: Mahasiswa dari jurusan Manajemen dan Kewirausahaan memberikan pelatihan kepada siswa dalam perencanaan bisnis, strategi pemasaran, serta praktik jual beli secara langsung. Siswa diajarkan bagaimana mengelola usaha kecil dan mengembangkan keterampilan bisnis yang aplikatif.
Presentasi Bahasa Inggris Berdasarkan Topik Kejuruan: Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris membimbing siswa dalam menyusun dan menyampaikan presentasi dalam bahasa Inggris yang relevan dengan jurusan mereka. Siswa dari jurusan Desain Grafis, misalnya, mempresentasikan konsep branding dan desain, sementara siswa jurusan Teknik memaparkan proyek teknologi yang telah mereka kembangkan.
Mahasiswa tidak hanya membantu dalam penerapan proyek tetapi juga berperan dalam memberikan motivasi dan inspirasi kepada siswa. Kehadiran mahasiswa di lingkungan sekolah memberikan warna baru dalam pembelajaran, di mana siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti kegiatan berbasis proyek yang mereka anggap lebih menarik dan relevan dengan dunia kerja.
Kultur Sekolah: Membentuk Karakter Islami Melalui Sholat Dhuha
SMK Muhammadiyah 1 Taman juga memiliki kultur sekolah yang kuat dalam pembentukan karakter Islami. Salah satu kegiatan rutin yang menjadi bagian dari keseharian siswa adalah sholat dhuha berjamaah sebelum memulai pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kedisiplinan, kebiasaan spiritual, serta meningkatkan ketenangan jiwa siswa sebelum memulai proses belajar. Wakil kepala sekolah, Bu Rahmi, menegaskan bahwa sholat dhuha bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga menjadi bagian dari pembiasaan positif yang membangun kepribadian siswa.
“Kami ingin membentuk generasi yang tidak hanya unggul dalam keterampilan dan akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat. Sholat dhuha menjadi momen bagi siswa untuk lebih dekat dengan Allah dan memohon kelancaran dalam belajar,” ujarnya.
Para mahasiswa PLP I dari Umsida juga turut serta dalam kegiatan ini, sehingga mereka bisa memahami lebih dalam bagaimana kultur Islami diterapkan dalam lingkungan sekolah. Salah satu mahasiswa PLP I, Cantika Indah, mengungkapkan bahwa pengalaman mengikuti sholat dhuha bersama siswa memberikan kesan mendalam baginya.
“Saya merasa lingkungan di sekolah ini sangat mendukung pembentukan karakter Islami. Tidak hanya siswa, kami sebagai mahasiswa juga diajak untuk berpartisipasi dan merasakan manfaatnya secara langsung,” ungkapnya.
Manfaat PLP bagi Mahasiswa dan Siswa
Sebagai bagian dari PLP I yang berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 17–21 Februari 2025, keterlibatan mahasiswa dalam metode PBL ini tidak hanya memberikan pengalaman langsung bagi mereka dalam dunia pendidikan, tetapi juga membantu meningkatkan keterampilan mengajar, berkomunikasi, dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah.
Sementara itu, bagi siswa SMK Muhammadiyah 1 Taman, program ini memberikan manfaat besar dalam meningkatkan keterampilan mereka. Salah satu siswi kelas XII Manajemen, Nafisa, mengungkapkan bahwa metode ini membuatnya lebih mudah memahami materi karena langsung diaplikasikan dalam bentuk proyek.
“Biasanya kami hanya belajar teori, tetapi dengan adanya proyek ini, saya bisa lebih memahami cara kerja teknologi yang kami pelajari,” ujarnya.
Dukungan Sekolah dan Harapan ke Depan
Dengan adanya kolaborasi antara SMK Muhammadiyah 1 Taman dan mahasiswa Umsida dalam program PLP I, diharapkan pembelajaran berbasis proyek dan pembiasaan nilai-nilai Islami dapat terus berkembang.
Ke depannya, program ini diharapkan dapat terus dikembangkan dengan proyek yang lebih luas serta melibatkan lebih banyak mahasiswa dan siswa dalam berbagai bidang keahlian. Dengan adanya sinergi antara dunia akademik dan pendidikan kejuruan, lulusan SMK diharapkan memiliki keterampilan yang lebih siap untuk memasuki dunia industri dan kewirausahaan.
Penulis : Tim PLP 1
Editor: Mutafarida