Internship 2024

Internship 2024: FPIP Umsida Memiliki Akreditasi Unggul dan Lingkungan Akademik yang Berkualitas

fpip.umsida.ac.id – Program Internship 2024 menjadi momentum penting bagi mahasiswa Magister Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk mengasah kompetensi mereka sebagai calon pendidik. Kegiatan yang berlangsung dari 21 September hingga 16 November 2024 ini diadakan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida). Selama delapan minggu, para mahasiswa berkesempatan untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran di jenjang perguruan tinggi.

Kolaborasi untuk Pendidikan Berkualitas

Kegiatan internship ini melibatkan kolaborasi erat antara Prodi Magister Pendidikan Dasar Unesa dan Prodi PGSD Umsida. Selain mahasiswa magang, kegiatan ini juga didukung oleh dosen pembimbing lapangan dari Unesa, Dr. Hitta Alfi Muhimmah, M.Pd., serta dosen pamong dari Umsida, termasuk Kaprodi PGSD dan dosen pendamping akademik.

“Kolaborasi ini sangat relevan karena Umsida memiliki akreditasi unggul, baik di tingkat institusi maupun program studi, yang memberikan wawasan tambahan bagi kami untuk mendalami pembelajaran di prodi PGSD,” ujar Yoka, salah satu mahasiswa internship.

Tujuan utama program ini adalah membekali mahasiswa dengan pengalaman nyata dalam mengajar di jenjang perguruan tinggi, terutama di program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

“Kegiatan ini selaras dengan misi kami sebagai calon pendidik di perguruan tinggi, dan memberikan pengalaman berharga yang tidak bisa didapatkan hanya di dalam kelas,” tambah peserta lainnya.

Fokus Kegiatan dan Tujuan Program

Internship 2024

Selama program berlangsung, mahasiswa internship bertugas melakukan asistensi pada mata kuliah yang telah ditentukan. Proses magang ini tidak memiliki jadwal khusus, tetapi dirancang agar sesuai dengan mata kuliah yang relevan dengan peminatan mahasiswa di Unesa. Setiap langkah dalam program ini dikonsultasikan bersama Kaprodi PGSD Umsida untuk memastikan kesesuaian dengan kurikulum dan tujuan pendidikan.

“Kami merasa sangat terbantu dengan bimbingan dari dosen pembimbing lapangan maupun dosen pamong yang membantu kami memahami dinamika pembelajaran di Umsida,” ungkap Yoka.

Program ini akan menjadi sarana untuk mendalami strategi pembelajaran, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan beradaptasi dengan lingkungan akademik baru.

Tantangan dan Solusi Selama Program

Sebagai pengalaman pertama mengajar mahasiswa strata 1 (S1), para peserta magang mengakui adanya tantangan, terutama dalam menyesuaikan strategi pembelajaran.

“Tantangan terbesar kami adalah bagaimana merancang metode pengajaran yang menarik dan efektif bagi mahasiswa PGSD Umsida, yang tentunya berbeda dengan mengajar siswa sekolah dasar,” kata Yoka.

Untuk mengatasi hambatan ini, mereka aktif berkonsultasi dengan dosen pembimbing lapangan, dosen pamong, dan dosen pengampu mata kuliah. Pendekatan ini membantu mereka untuk terus belajar dan beradaptasi, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, peserta magang juga mengakui pentingnya refleksi setelah setiap sesi pembelajaran untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dalam metode pengajaran mereka. “Dukungan dari dosen Umsida sangat berarti, karena kami bisa mendiskusikan berbagai tantangan dan mendapatkan solusi yang konkret,” tambah mereka.

Kesan, Pesan, dan Harapan

Internship 2024

Pengalaman delapan minggu di Umsida meninggalkan kesan mendalam bagi para peserta magang. “Kami sangat beruntung bisa belajar di lingkungan akademik yang sangat mendukung, dengan dosen-dosen yang terbuka untuk berdiskusi dan berbagi ilmu,” ujar salah satu mahasiswa.

Para mahasiswa magang juga memberikan pesan kepada mahasiswa PGSD Umsida yang telah mereka ajar. “Kalian semua luar biasa. Teruslah menggali potensi diri, ambil setiap kesempatan yang ada, dan jadilah pribadi yang lebih maju. Semangat meraih asa!”

Harapan besar juga disampaikan oleh para peserta magang. Mereka berharap bahwa ilmu yang telah dibagikan selama kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa PGSD Umsida. Sebaliknya, mereka juga merasa mendapatkan banyak pelajaran dari para mahasiswa dan dosen Umsida.

“Semoga kolaborasi ini terus berlanjut dan membuka lebih banyak peluang kerja sama di masa depan, baik dalam bentuk program magang, pertukaran mahasiswa, maupun penelitian bersama,” tutup Yoka.

Internship sebagai Wadah Pengembangan Diri

Program Internship 2024 di Prodi PGSD Umsida membuktikan pentingnya sinergi antara perguruan tinggi dalam mencetak generasi pendidik yang kompeten. Dengan dukungan dari dosen dan komunitas akademik Umsida, mahasiswa magang tidak hanya mendapatkan pengalaman mengajar, tetapi juga wawasan baru yang dapat mereka bawa ke dalam karier mereka sebagai pendidik profesional.

Kolaborasi ini menjadi bukti nyata bahwa pendidikan tinggi tidak hanya berbicara tentang teori, tetapi juga bagaimana menerapkannya dalam dunia nyata. Umsida kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan pendidikan berkualitas di Indonesia.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Speech Contest
Sukses Digelar! Lomba Speech Contest FPIP Edufair 2025 Jadi Ajang Prestisius Bagi Pelajar SMP dan SMA
June 1, 2025By
Gebyar Lomba PBB Bertongkat
Gebyar Lomba PBB Bertongkat: Merajut Disiplin, Membangun Karakter Pandu yang Unggul
May 31, 2025By
psikologi
Hima Psikologi Umsida Sukses Gelar Ground Archery U-16, Mengembangkan Keterampilan Psikologi Siswa Lewat Olahraga
May 30, 2025By
FPIP
Semarak FPIP EduFair 2025: Lomba Mewarnai, Warnai Keceriaan Anak-Anak dan Tumbuhkan Kreativitas Dini
May 29, 2025By
psikologi
Benchmarking Psikologi Umsida dengan UM Purworejo Perkuat Kolaborasi dan Pengembangan Kurikulum
May 28, 2025By
LOEI
Lolos LOEI International Internship Program 2025, Isna Elsyien Maulana Mustaqim Bagikan Kisah Inspiratif!
May 27, 2025By
psikologi
Sinergi Internasional: Psikologi Umsida Jalin Kerjasama dengan Universiti Malaya dan UM Purwokerto dalam Pendidikan Psikologi
May 26, 2025By
FPIP Edufair 2025
Penutupan FPIP Edufair 2025: Merayakan Talenta Muda dengan Kegiatan Kompetitif dan Inspiratif
May 25, 2025By

Prestasi

LOEI
Lolos LOEI International Internship Program 2025, Isna Elsyien Maulana Mustaqim Bagikan Kisah Inspiratif!
May 27, 2025By
Peneliti Terbaik
Penghargaan Peneliti Terbaik Berhasil Diraih Oleh Dosen FPIP Umsida, Dr Rahmania Sri Untari
April 23, 2025By
pendidikan
Mengoptimalkan Pendidikan di Era Digital: Studi Doktoral Dr. Ermawati Zulikhatin Nuroh dalam Meningkatkan Literasi Digital 
April 21, 2025By
PSPB
PSPB Umsida Raih Penghargaan Pusat Studi Terbaik: Inovasi dan Kolaborasi untuk Maju Bersama
April 17, 2025By
Program MBKM
Program MBKM Asistensi Mengajar: Pengalaman Berharga bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Umsida
April 8, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By