Inspiratif ! Antusiasme Tinggi Seminar Parenting Seni Pengasuhan dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus P3TU Umsida

fpip.umsida.ac.id – Seminar parenting siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) bagi orang tua, wali murid dan mahasiswa umum sukses digelar oleh Pusat Pelayanan Psikologi Terapan Umsida (P3TU) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dengan diikuti oleh 216 peserta pada Sabtu (04/05/2024).

Seminar kali ini mengusung tema “Seni Pengasuhan pada Anak Berkebutuhan Khusus – Pentingnya Terapi Bagi Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus”. Dengan fokus tujuan utama menambah wawasan tentang pola pengasuhan bagi para orang tua yang memiliki anak-anak dengan kondisi ‘istimewa’ serta juga mengenalkan betapa pentingnya proses terapi dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Seminar ini juga merupakan program tindak lanjut untuk memperkenalkan berbagai layanan terapi bagi anak berkebutuhan khusus yang dimiliki oleh lembaga P3TU Umsida.

Menggandeng narasumber yang merupakan pakar di bidang pendidikan inklusi, P3TU Umsida mengajak para peserta untuk menimba ilmu pengasuhan dan layanan terapi pada para ahli. Nurfi Laili M Psi Psikolog yang menjadi narasumber pertama sekaligus ketua P3TU Umsida menjelaskan mengenai strategi pengasuhan yang tepat bisa dilakukan pada anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Orang tua harus aktif mengambil peran utama dalam proses tumbuh kembang anak yang memiliki kondisi istimewa ini. Ayah dan ibu juga memiliki peran yang setara dalam pengasuhan anak sehingga diharapkan keduanya dapat mengambil peran seimbang.

Ken Larasati S Psi sebagai narasumber kedua yang juga merupakan penanggungjawab terapis di P3TU Umsida menjelaskan mengenai pentingnya terapi dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Terapi wicara, okupasi ataupun terapi perhatian menjadi beberapa jenis terapi yang biasa dilakukan oleh beliau saat berpraktik sebagai penanggungjawab terapis di P3TU Umsida. Pemberian terapi ini menjadi salah satu cara untuk membantu anak mengembangkan kemampuan aspek perkembangan yang mereka miliki sesuai kondisi masing-masing. Kolaborasi antara orang tua, terapis dan guru di sekolah adalah salah satu hal penting agar mendapatkan kondisi anak yang lebih optimal.

Seminar yang mengambil tema tentang parenting ini terbuka dengan kehadiran berbagai pihak dari berbagai kalangan. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya jumlah mahasiswa Umsida maupun luar Umsida yang juga ikut hadir dalam seminar kali ini. Kondisi ini menandakan bahwa banyak mahasiswa yang memiliki kepedulian dan kepekaan untuk bersama-sama belajar mengenai kondisi anak dengan kebutuhan khusus ataupun yang berkaitan dengan kondisi tumbuh kembangnya.

 

Penulis : Nurfi Laili – Editor : Arya Bimantara