Menjadi guru bukan hal yang mudah. Bukan sekedar menjelaskan, namun juga menjadi sahabat dan orang tua bagi muridnya. Hal ini dikarenakan, seorang peserta didik terkadang memiliki masalah disekolah yang butuh peran orang yang lebih tua dan bijaksana untuk membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

SDN Sidomulyo 2 Kecamatan Krian, merupakan salah satu sekolah negeri yang berada di sekitar keramaian kecamatan krian. Banyak wali murid yang berprofesi sebagai pegawai, sehingga waktu luangnya kepada anak sedikit. Hal ini terkadang menyebabkan beberapa kendala dalam sisi psikologis anak yaitu perhatian orang tua.

Guru sebagai seorang pendidik di sekolah juga wajib berprofesi sebagai orang tua bagi murid di sekolah. Untuk memantapkan peran guru sebagai orang tua di sekolah maka salah satu dosen Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan melakukan abdimas di SDN Sidomulyo 2 kecamatan krian dengan judul pengabdian kepada masyarakat, Pendampingan Guru sebagai orang tua asuh.

Acatersebut berlangsung pada tanggal 14 oktober 2017. Dosen dibantu oleh para mahasiswa memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada guru terkait pentingya peran mereka sebagai orang tua bagi siswa. Melalui kegiatan ini diharapkan akan memotivasi guru dalam berperan lebih besar terkait perkembangan siswa selama di sekolah.