Dosen PGSD Umsida Berhasil Raih S3, Atasi Masalah Literasi Siswa

Fpip.umsida.ac.id – Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Unversitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembali tambah jumlah dosen S3 nya. Kali ini salah satu dosen serta Kepala Prodi (Kaprodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Dr. Kemil Wachidah S Pd I M Pd, telah berhasil menyelesaikan ujian promosi doktor di Universitas Pendidikan Indonesia, pada Jumat (30/08/2024).

Dosen yang yang akrab disapa Dr Kemil ini, berhasil lulus dengan judul disertasi “Model Pembelajaran Literasi Berdiferensiasi Berbasis Al-Qur’an untuk Pengembangan Kompetensi Literasi Membaca dan Sosio-Emosional Peserta Didik di Sekolah Dasar Inklusif”.

Baca juga: Raih Gelar S3, Dosen PGSD Umsida Buat Inovasi Literasi Siswa

Atasi Permasalahan Sekolah Inklusif

Membahas soal literasi, tentu hal ini bukan hanya soal membaca dan menulis saja. Namun juga menyangkut pada kemampuan berpikir kritis yang mana hal tersebut merupakan suatu modal utama bagi generasi bangsa, sehingga mereka bisa bertahan di era yang selanjutnya dengan cara mengelola berbagai bentuk informasi digital yang ada.

Penelitian ini berfokus untuk menyelesaikan permasalahan literasi. Mengingat penelitian yang telah dilakukan oleh PISA pada tahun 2022, dalam hal ini Indonesia menjadi salah satu negara yang ikut dalam peringkat terendah pada kategori literasi.

Disaat yang bersamaan, kemampuan kecerdasan sosial-emosional pada peserta didik di Sekolah Dasar Inklusif adalah suatu elemen yang sangat penting. Mengingat kemampuan ini sangat berpengaruh pada perkembangan holistik siswa.

Dalam penelitian ini, Dr Kemil berinisiatif untuk membuat sebuah inovasi pendekatan pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dengan menggabungkan nilai-nilai pada Al-Qur’an dalam pendekatan pembelajaran literasi membaca, diharapkan dapat menjawab tantangan pada Sekolah inklusif yang memiliki berbagai kebutuhan khusus yang harus dipenuhi secara adaptif.

Dengan didukung oleh metodologi yang kuat, termasuk menggunakan pendekatan Differentiated Instruction (DI), cara ini terbukti efektif untuk memenuhi berbagai kebutuhan belajar yang sangat beragam.

Baca juga: Dosen PG PAUD Raih S3: Kembangkan Keterampilan Abad 21 dengan Sentra

Kemajuan Bagi Prodi PGSD Umsida

Dari adanya disertasi tersebut, beliau berharap penelitiannya ini dapat digunakan oleh calon pendidik (mahasiswa PGSD) sehingga bisa diterapkan saat mengajar nanti. Dan tentu hal ini akan membuka peluang bagi mahasiswa PGSD untuk menjadi seorang pendidik yang kreatif dan kompeten tanpa meninggalkan nilai-nilai keislaman.

Bukan hanya itu, dari pencapaian Dr Kemil ini tentu diharapkan dapat menginspirasi seluruh anggota FPIP baik dosen maupun mahasiswa, sehingga mereka mau melanjutkanke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Dengan demikian, semakin banyaknya dosen yang melanjutkan ke jenjang S3, hal tersebut dapat membuka peluang bagi setiap Prodi untuk menciptakan lulusan yang berkualitas dan kompeten.

Ini merupakan sebuah langkah nyata Umsida dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya (SDM).

Guru Sekolah Dasar merupakan sebuah pondasi penting untuk menciptakan sebuah karakter dan kebiasaan yang baik bagi anak-anak. Dengan didukung sosok guru yang inovatif, tentu kebiasaan literasi dan kemampuan sosio-emosionalnya akan terbentuk dengan baik.

PGSD Umsida menawarkan pendidikan yang berkualitas untuk mempersiapkan setiap mahasiswanya menjadi sosok guru yang inspiratif dan inovatif.

Dengan demikian, mari bergabung bersama kami di jurusan unggul Umsida dan jadilah bagian dari perubahan positif dunia.

Untuk info lebih lanjut silahkan klik admisi.umsida.ac.id

Penulis: Aisyah Windy

Bertita Terkini

kurikulum
Strategi Pendidikan Inklusi: Implementasi Positive Partnerships dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus
February 23, 2025By
Winter School
Winter School 2025: PBI Umsida Perkuat Kompetensi Dosen dan Mahasiswa dalam Pemanfaatan AI di Pengajaran Bahasa
February 22, 2025By
kesetaraan
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Melalui Pelatihan Pendidikan Inklusi
February 21, 2025By
Edu Fair
FPIP Edu Fair 2025: Tingkatkan Kompetisimu dengan Kompetisi Seru dan Hadiah Puluhan Juta Rupiah!
February 20, 2025By
angklung
Penampilan Angklung Delta Karna Meriahkan Pelatihan Pendidikan Inklusi di SLB Negeri Gedangan
February 19, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa Prodi PBI Umsida Raih Juara di Paku Bumi Open Championship 2025
February 18, 2025By
ABK
Pendidikan Inklusif untuk Mewujudkan Kesetaraan: Regulasi, Implementasi, dan Tantangannya
February 17, 2025By
PAUD
Mahasiswa PG PAUD Juara 2 Pencak Silat, Siap Berkembang dan Mencapai Prestasi Lebih Tinggi
February 16, 2025By

Prestasi

mahasiswa
Mahasiswa Prodi PBI Umsida Raih Juara di Paku Bumi Open Championship 2025
February 18, 2025By
PAUD
Mahasiswa PG PAUD Juara 2 Pencak Silat, Siap Berkembang dan Mencapai Prestasi Lebih Tinggi
February 16, 2025By
juara
Mahasiswa PGSD Umsida Raih Juara 1 di Paku Bumi Open Championship 2025
February 13, 2025By
mahasiswi
Mahasiswa Psikologi Umsida Kembali Raih Prestasi Gemilang Pencak Silat
February 11, 2025By
IC-RIITEL
Lomba IC-RIITEL 2025: Mahasiswa Psikologi Umsida Berhasil Raih Juara 1
February 8, 2025By

Riset dan Inovasi

buku
Dosen PG Paud Ciptakan Buku Ajar, Musik Mampu Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini
February 5, 2025By
literasi
Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel Hadir sebagai Inovasi dari PTI Umsida
January 7, 2025By
buku ajar
Dosen FPIP Umsida Buat Buku Ajar untuk Solusi Pendidikan Literasi di Kelas Awal
December 13, 2024By