Fpip.umsida.ac.id – Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembali mencatat prestasi di dunia akademik internasional.
Dr Yuli Astutik MPd, berhasil meraih penghargaan sebagai Peneliti Terbaik dalam Program Hibah Kerjasama Internasional (Individu). Penghargaan ini diberikan atas kontribusinya yang luar biasa dalam penelitian inovatif yang menggabungkan teknologi modern dengan media pembelajaran berbasis lingkungan, khususnya untuk siswa sekolah dasar.
Penelitian yang dilakukan oleh Dr Yuli merupakan hasil kerja sama dengan Universiti Tunku Abdul Rahman, Malaysia dan berfokus pada pengembangan media pembelajaran untuk pelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar.
Dengan tema “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Realia dan Virtual Reality (VR) untuk Pembelajaran Bahasa Inggris”, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan metode yang lebih interaktif dan imersif dalam mendukung proses pembelajaran bahasa asing.
Baca juga: RisetMu 2024: Dosen PBI Umsida Raih Penghargaan Peneliti Terbaik
Kombinasi Teknologi VR dan Media Realia
Dalam penelitiannya, Dr. Yuli Astutik menggabungkan teknologi Virtual Reality (VR) dengan media pembelajaran berbasis realia yaitu media yang menggunakan benda nyata atau lingkungan sekitar untuk membantu siswa memahami konsep yang dipelajari.
Dengan pendekatan ini, siswa dapat belajar bahasa Inggris secara lebih mendalam dan realistis.
“Dengan adanya teknologi VR, siswa dapat belajar secara lebih interaktif dan imersif, sementara media realia memungkinkan mereka untuk tetap berinteraksi langsung dengan lingkungan sekitar. Kombinasi ini sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran yang seimbang,” jelas Dr. Yuli.
Uji Coba di SD Muhammadiyah Kreatif Bangil
Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kreatif Bangil, sebuah sekolah yang telah lama dikenal dengan pendekatan inovatif dalam pembelajarannya.
Dr. Yuli melakukan uji coba terhadap dua kelas yang menggunakan metode pembelajaran berbeda. Satu kelas menggunakan metode berbasis Virtual Reality (VR), sementara kelas lainnya menggunakan media realia.
Hasil uji coba awal menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan bantuan VR memiliki pemahaman yang lebih mendalam dan cepat dalam mempelajari bahasa Inggris dibandingkan dengan siswa yang menggunakan media realia.
“Teknologi VR membantu siswa untuk terlibat langsung dalam konteks bahasa yang dipelajari, seperti berada dalam situasi nyata di mana bahasa Inggris digunakan secara aktif,” ujar Dr. Yuli.
Meski demikian, ia juga menekankan bahwa media realia tetap memberikan manfaat signifikan bagi siswa, terutama dalam memahami objek dan situasi di dunia nyata.
Pentingnya Kerjasama Internasional
Keberhasilan penelitian ini tidak lepas dari pentingnya kerja sama internasional. Kolaborasi dengan Universiti Tunku Abdul Rahman, Malaysia, memberikan Dr Yuli akses terhadap teknologi VR yang lebih maju serta diskusi dengan para pakar di bidang pendidikan berbasis teknologi.
“Kolaborasi dengan mitra luar negeri sangat membantu, terutama dalam hal validasi media pembelajaran dan pertukaran gagasan inovatif,” katanya.
Selain itu, kerja sama ini juga membuka peluang bagi dosen dan peneliti dari Umsida untuk terus berpartisipasi dalam riset internasional, yang diharapkan dapat semakin memperkuat posisi Umsida sebagai universitas yang unggul dalam bidang penelitian dan pengembangan.
Publikasi di Jurnal Internasional
Meski telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Peneliti Terbaik, Dr Yuli masih melanjutkan penelitiannya untuk memastikan hasil yang lebih komprehensif. Saat ini, hasil dari penelitian tersebut sedang dalam tahap peninjauan untuk diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
Publikasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting bagi dunia pendidikan, khususnya dalam mengadopsi teknologi seperti VR dalam proses belajar-mengajar.
“Kami sangat berharap hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat nyata, tidak hanya bagi sekolah di Indonesia, tetapi juga di tingkat global, terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan penggunaan teknologi,” ujar Dr. Yuli.
Baca juga: Prodi PBI Kerjasama dengan MKKS Surabaya Utara
Dukungan Umsida
Penghargaan yang diraih oleh Dr Yuli merupakan bukti nyata komitmen Umsida dalam mendukung dosen dan peneliti untuk terus berinovasi melalui penelitian-penelitian berkualitas tinggi.
Umsida selama ini terus mendorong kolaborasi dengan berbagai lembaga internasional guna meningkatkan kualitas riset dan pendidikan.
Dengan keberhasilan ini, Umsida berharap dapat semakin memperkuat posisinya sebagai universitas yang berkontribusi pada kemajuan pendidikan nasional dan internasional.
Keberhasilan beliau dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi dan lingkungan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi dosen dan peneliti lainnya untuk terus mengeksplorasi inovasi-inovasi baru di dunia pendidikan.
Lebih dari itu, penelitian ini juga memperlihatkan pentingnya kolaborasi lintas negara dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang berkelanjutan.
Dengan publikasi hasil penelitian di jurnal internasional yang bereputasi, diharapkan metode pembelajaran yang dikembangkan dapat diadopsi di berbagai negara, sekaligus mempromosikan Umsida sebagai universitas yang mampu bersaing di kancah global.
Penulis: Aisyah Windy