“FPIP Terima Program Kampus Mengajar Perintis dari KEMENDIKBUD”

Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menjadi salah satu PT di Indonesia yang memperoleh hibah program Kampus Mengajar Perintis (KMP) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud RI. Sebanyak 12 mahasiswa yang akan diterjunkan ke beberapa sekolah di Kabupaten Sidoarjo untuk membantu guru di sekolah dalam melaksanakan pembelajaran masa Covid 19. Kegiatan ini berlangsung selama hampir 3 bulan, dimulai pada tanggal 12 Oktober 2020 sampai 18 Desember 2020.

Program ini merupakan program rintisan sehingga dinamai ‘Perintis’ dengan harapan dapat menjadi salah satu opsi bagi mahasiswa untuk melaksanakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang ditawarkan dengan 8 opsi, salah satunya adalah Asistensi Mengajar. Kegiatan ini sangat istimewa karena bisa dikonversi pada Mata Kuliah yang diprogram oleh mahasiswa dalam beberapa SKS. Sehingga mahasiswa tidak perlu menempuh mata kuliah yang telah terkonversi tersebut dalam perkuliahan reguler di Prodi masing-masing.

Dua belas mahasiswa FPIP yang terpilih telah siap untuk mengikuti serangkaian acara mulai dari awal hingga akhir program. Mereka tersebar di empat SD sasaran di Kabupaten Sidoarjo, diantaranya SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool, SD Muhammadiyah 1 Krembung, SDN Jenggot Krembung, dan SDN Keboharan Krian. Sekolah yang dituju tersebut telah menerima mahasiswa pengajar untuk memberikan pengajaran selama masa hampir 3 bulan. Sebelum diterjunkan ke sekolah, mahasiswa telah diberi pembekalan oleh Kemendikbud bekerja sama dengan Direktorat SD selama lima hari terkait kemampuan pedagogi, strategi belajar, modul literasi dan numerasi, asesmen, adapatasi sosial, hingga keilmuan dasar COVID-19 sehingga mahasiswa dapat siap terjun ke lapangan.

Hari Senin, tanggal 12 Oktober 2020, mahasiswa peserta KMP telah diterima dengan baik oleh Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo, bapak Drs. Bambang Eko Wiroyudho dan telah mengijinkan mahasiswa UMSIDA untuk segera memulai serangkaian kegiatan program Kampus Mengajar Perintis ini.

Ada tiga kegiatan utama dari program ini yang harus dilakukan oleh mahasiswa pengajar, antara lain: 1) membantu guru dalam pelaksanaan belajar dari rumah atau tatap muka di sekolah, khususnya dalam pembelajaran literasi dan numerasi; 2) membantu adaptasi teknologi dalam proses pembelajaran (daring dan luring); dan 3) mendukung kepala sekolah dalam bidang administrasi manajerial sekolah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Related Posts

Leave a Reply